Wednesday, April 2, 2014

RISET PEMASARAN GLOBAL DAN SEGMENTASI GLOBAL



RISET PEMASARAN GLOBAL
Pemasaran dalam bisnis global sangat kompleks daripada pemasaran domestic. Perbedaan social, bahasa, politik, peraturan perlu dipelajari dengan seksama kenudian dijadikan sebagai landasan kebijakan strategi pemasaran. Pemahaman tentang lingkungan bisnis global seharusnya didasarkan pada penelitian tersebut bertujuan untuk mengidentifikasi problem pemasaran. Macam data yang diperlukan dalam penelitian pemasaran:
·         Data sekunder, data yang dikumpulkan oleh pihak lain.
·         Data primer, data yang dikumpulkan sendiri oleh peneliti.
Ada beberapa informasi yang dibutuhkan dalam pemasaran global yaitu:
·         Macro live information (lingkungan politik, ekonomi, fisik)
·         Market information (kemungkinan masuk, karakteristik pasar)
·         Micro level information (sales forcasting, informasi biaya, biaya manajemen)
Manfaat system informasi adalah:
·         Manajemen dapat memonitor perubahan yang terjadi pada pasar yang berbeda.
·         Manajemen dapat memonitor perusahaan itu sendiri dalam pasar internasional.
Analisis kekuatan kompetitif:
·         Dari dalam perusahaan
·         Bahan baku publikasi
·         Para pemasok
·         Karyawan para pesaing
·         Observasi langsung
Sumber: bintangfararyani.wordpress.com/2013/06/20/riset-pemasaran



SEGMENTASI GLOBAL
Menurut kotler (2009) mendefinisikan segmentasi pasar,bahwa:”market segmentation is the process of breaking a heterogeneous group of potetential buyer into,smaller homogeneous groups of buyer,that is with relatively similar buying characteristics or needs.:
            Berdasarkan definisi diatas bahwa segmentasi  pasar merupakan suatu aktifitas membagi atau mengelompokan pasar yang heterogen menjadi pasar yang homogen atau memilki kesamaan dalam hal minat,daya beli,geografi,perilaku pembelian,maupun gaya hidup.kriteria segmentasi pasar dunia yaitu:
1.      Segmentasi geografis merupakan suatu aktifitas pemasaran yang dilakukan dengan membagi bagi pasar dalam beberapa unit geografis yang berbeda-beda seperti daerah,populasi,kepadatan dan iklim. 
2.      Segmentasi demografis didasarkan pada karakteristik populasi yang daoat diukur,seperti umur,jenis kelamin,pendapatan,pendidikan,dan pekerjaan.sejumlah kecenderungan demografi global.seperti semakin sedikit pasangan menikah.
3.      Segmentasi psikografis,adalah proses pengelompokan orang dalam atri sikap,nilai-nilai yang dianut dan gaya  hidup.
4.      Segmentasi tingkah laku,memfokuskan apakah orang membeli dan menggunakan  suatu  produk atau tidak,disamping seberapa sering dan berapa banyak yang dipakainya.
5.      Segmentasi manfaat,segmentasi manfaat global berfokus pada pembilangan dan persamaan nilai.
Manfaat segmentasi
Segmentasi bermanfaat untuk meningkatkan posisi kompotisi perusahaan dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada konsumen.
Menurut Bradley yang dikutip dari Setiadi (2003), dalam memilih pasar pasaran mana yang akan diambil ada faktor-faktor yang perlu diperhatikan adalah:
1.      Sumber daya organisasi
2.      Tipe produk
3.      Tahap dalam daur hidup produk
4.      Strategi pesaing dan strategi bersaing organisasi

Sumber: id.wikipedia.org/wiki/pemasaran_global

Oleh:  
Ni Luh Ayu Siti Fatimah                          (C 201 11 001)
Ni Wayan Dewi                                      (C 201 11 011)
Nanda Ratmalia                                      (C 201 11 016)
Nazrah                                                   (C 201 11 024)
Novianty Mangkawa                              (C 201 11 048)
Wildan Anugerah Rabbany                     (C 201 11 067)

No comments:

Post a Comment